Tahun Ini Pilkades Serentak di Kabupaten Nias

NIAS, SANURIA.COM —Tahun 2018, akan digelar pemilihan kepala desa serentak di 47 desa yang ada di Kabupaten Nias. Panitia pemilihan kepala desa diminta bekerja secara netral, profesional, taat azas dan penuh dengan kehati hatian, supaya tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Hal tersebut disampaikan Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM saat membuka pelaksanaan bimbingan teknis tentang pemilihan kepala desa di ruang serbaguna, lantai III, kantor Bupati Nias, Desa Ononamolo I Lot, Kota Gunungsitoli, Rabu (4/4/2018).

Bupati Nias menyambut baik pelaksanaan Bimtek tentang pemilihan kepala desa, dan memberitahu jika pelaksanaan Bimtek secara khusus dilakukan untuk ketua BPD serta ketua dan sekretaris panitia pemilihan kepala desa di masing masing desa yang akan menggelar pilkades.

Menurut Bupati Nias, sesuai peraturan daerah, masa jabatan kepala desa di Kabupaten Nias paling lama 6 tahun setelah pelantikan.

Kepala desa di kabupaten Nias juga hanya bisa menjabat sebanyak tiga kali secara berturut turut atau tidak.

Kepada peserta Bimtek, dia mengingatkan bahwa kepala desa terpilih bukan tujuan akhir dari pilkades.

Tujuan akhirnya adalah bagaimana menghasilkan kepala desa terpilih yang berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat untuk menjaga enam tahun pemerintahan desa.

Tidak lupa dia menegaskan jika pelaksanaan pilkades adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Saya berharap pilkades dapat berlangsung secara demokratis, sehingga menghasilkan pemimpin pemerintah desa atau kepala desa yang berintegritas, profesional dan punya pengetahuan yang baik tetang penyelenggaraan pemeritahan desa,” harap Sokhiatulo. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *