Sonitehe Telaumbanua SH Istilahkan Jawaban Bupati Nias “The King Can do No Wrong”

GUNUNGSITOLI, SANURIA- Direktur CV Karya Sendoro Sonitehe Telaumbanua SH menyampaikan Replik atas Jawaban Bupati Nias terkait gugatan pembatalan kemenangannya terhadap Pengadaan Alat Kesehatan RSUD Gunungsitoli TA 2012 senilai 12, 2 Miliar dari pagu dana Rp 15 Miliar.

Dalam pembacaan repliknya dalam sidang terbuka untuk umum di Pengadilan Negeri Gunungsitoli Senin (9/5/2016) yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Yusuf Sembiring SH, Kenedy Putra Sitepu SH MH dan Agung Cory FD Laia SH MH,  mematahkan  berbagai argumen  jawaban Bupati Nias yang disampaikan dalam persidangan dua minggu sebelumnya Senin (25/4/2016).

Dalam Repliknya yang dibacakan  sejumlah 16 halaman tersebut, Soni yang juga kuasa hukum CV Karya Sendoro ini mematahkan berbagai Eksepsi dan jawaban Bupati Nias. Diantaranya eksepsi  Kompetensi Absolut yang menganggap bahwa Keputusan yang diterbitkan Bupati Nias dalam membatalkan kemenangan CV Karya Sendoro  tidak berwenang Pengadilan Negeri Gunungsitoli mengadili tetapi wewenang  Pengadilan Tata Usaha Negara.

BACA JUGA

Replik Lengkap CV Karya Sendoro Atas Jawaban Bupati Nias dalam Kasus Alkes

Atas Eksespsi tersebut,  Sonitehe Telaumbanua SH menganggap bahwa Bupati Nias terkesan telah kehilangan ingatan dan sudah  lupa bahwa perkara yang diajukan di Pengadilan Negeri Gunungsitoli,  sebelumnya telah melalui proses di PTUN hingga sampai Kasasi Mahkamah Agung, dimana Putusan Kasasi merujuk Pengadilan Negeri sebagai Pengadilan yang berwenang mengadili perkara yang di sengketakan.

Bahkan sebelumnya pihak Bupati Nias telah menyetujui Putusan di Tingkat Pertama dan Tingkat Banding melaui kontra Memori Banding dan Kasasi tentang putusan PTUN yang merujuk Pengadilan Negeri sebagai Pengadilan yang berwenang mengadili objek sengeketa.

Malah setelah masuk Pengadilan Negeri atas rujukan Mahkamah Agung membolak lagi bahwa yang berwenang mengadili objek sengketa adalah Pengadilan Tata Usaha Negara. Bahkan juga Tergugat (Bupati Nias) telah mengetahui bahwa atas rujukan tersebut telah dibenarkan Putusan Sela Pengadilan Negeri Gunungsitoli melalui persidangan sebelumnya.

“Mohon maaf kalo Penggugat istilahkan  bahwa jawaban Bupati Nias hanya sebagai gerakan refleksi lidah, yang sewaktu waktu dapat diputar kekiri dan dapat diputar kekanan, tergantung selera, ulas Sonitehe Telaumbanua dalam bacaannya dengan serius.

Selain pematahan Eksepsi tersebut juga mematahkan Eksepsi Bupati Nias yang mempersoalkan kenapa Gubernur tidak disertakan sebagai Pihak yang digugat  karena berhubung sumber dana pengadaan adalah Bantuan Daerah Bawahan Propinsi Sumatera Utara TA 2012.

Pages: 1 2 3

2 Comments

  1. Pingback: Replik Lengkap CV Karya Sendoro Atas Jawaban Bupati Nias dalam Kasus Alkes – Sanuria

  2. Pingback: Bupati Nias Mangkir Lagi pada Sidang Alkes, Hakim Layangkan Surat Peringatan – Sanuria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *