Siswa Berprestasi di Kabupaten Nias Terima Beasiswa

NIAS, SANURIA.COM — Sejumlah siswa berprestasi tingkat SD dan SMP di Kabupaten Nias menerima beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Nias. Beasiswa diserahkan Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM di gedung BNKP Resort 4 jemaat tetehosi, Kecamatan Idano Gawo, Kabupaten Nias, Selasa (13/6/2017).

Bupati Nias Sokhiatulo Laoli dalam sambutannya mengatakan, visi Pemerintah Kabupaten Nias adalah terwujudnya masyarakat Kabupaten Nias yang Berkeadilan, Sejahtera dan Mendiri yang dilayani oleh Pemerintah yang bersih dan responsif.

Menurut dia, sektor pendidikan menjadi salah satu pilar penting yang mendapat perhatian sangat serius dari Pemerintah Kabupaten Nias.

Dia menginformasikan, Pemerintah pusat telah menggulirkan program batuan siswa miskin (BSM) yang sekarang disebut dengan Program Indonesia Pintar kepada siswa/i kurang mampu diseluruh Indonesia, untuk menjamin siswa/i tidak sampai tidak putus sekolah karena masalah ekonomi.

Namun Pemerintah Kabupaten Nias menilai perlunya penghargaan lebih kepada siswa/i yang memiliki prestasi terbaik di sekolah untuk semua tingkat. Pemkab Nias tetap konsisten memprogramkan pemberian beasiswa berprestasi kepada siswa SD dan SMP sebagai putra putri terbaik Kabupaten Nias.

Tujuannya adalah untuk membentuk masyarakat Nias yang berkualitas, berilmu, bermartabat, mandiri dan memiliki daya saing tinggi.

“Kepada peserta didik yang berpresatasi dan menerima beasiswa kami ucapkan selamat, tetapi jangan cepat berpuas diri, dan harus tetap berjuang untuk mempertahankan prestasi, karena ini bukan akhir yang dicapai, melainkan salah satu tahapan untuk mencapai sukses dimasa yang akan datang,” tegas Bupati Nias.

Dia juga menekankan, pendidikan dapat mengubah jalan hidup setiap orang, karena itu jangan pernah berhenti sekolah. Kepada seluruh orang tua siswa dan komite sekolah hendaknya tetap memberi motivasi kepada anak-anak kita untuk giat belajar, tidak hanya bergantung pada pemerintah tetapi mari kita bekerja sama untuk saling bahu membahu meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten nias yang kita cintai ini.

Khusus kepada seluruh aparat pendidikan, para pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru, Bupati Nias berpesan agar tetap meningkatkan kompetensi diri secara profesional dalam melaksanakan tugas sehari hari.

Sebelumnya, dalam laporan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Atobali Laoli SPd diketahui jika jumlah satuan pendidikan di Kabupaten Nias tingkat PAUD 9 orang, TK 2 orang, SD 26 orang dan SMP 9 orang. Sedangkan jumlah Tenaga Pendidik TK 23 orang GTT, SD 101 orang PNS + 223 orang GTT, + 14 orang GBD, sedangkan di SMP 21 orang PNS + 115 orang GTT + 5 orang GBD.

Jumlah penerima beasiswa tingkat SD sebanyak 2.727 orang dan tingkat SMP sebanyak 435 orang. Untuk tingkat SD juara I menerima Rp 450.000, juara II menerima Rp 420.000 dan juara III menerima Rp 360.000.

untuk tingkat SMP, juara I menerima Rp 570.000, juara II menerima Rp 510.000 dan juara III menerima Rp 480.000. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *