Rusak Alat Peraga Kampanye Bisa Dipidana

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM — Jika merusak alat peraga kampanye (APK) pasangan calon yang dipasang Komisi Pemilihan Umum (KPU), pelaku bisa dipidana. Sebab itu, warga diminta menjaga dan tidak merusak APK pasangan calon yang dipasang KPU di sejumlah titik di Kota Gunungsitoli.

Hal tersebut ditegaskan Ketua KPU Gunungsitoli Sokhiatulo Harefa, SIp saat memasang APK pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara di Jalan Gomo, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Rabu (28/3/2018).

“Perusakan terhadap apk pasangan calon yang dipasang KPU merupakan perusakan terhadap barang milik negara dan pelakunya dapat ditindak secara hukum atau masuk ranah pidana,” tegas Sokhiatulo

Menurut Sokhiatulo Harefa, APK pasangan calon dipasang dilokasi yang telah ditentukan KPU Sumatera Utara dan Wali Kota Gunungsitoli.

Ada tiga titik tempat pemasangan baliho, yakni di lokasi eks Hotel Wisata, simpang Desa Miga dan simpang menuju Kecamatan Gunungsitoli Barat atau Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa.

Sedangkan umbul umbul dipasang sebanyak sepuluh unit di setiap Kecamatan, dan spanduk dipasang dua unit setiap desa.

Maka warga diminta menjaga dan merawat apk yang telah dipasang kpu, karena dana pemasangan atau pembuatan apk pasangan calon memakai uang negara atau uang rakyat.

Kepada tim pasangan calon, dia meminta agar mematuhi pelaksanaan kampanye sesuai PKPU nomor 4 tahun 2017. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *