Roda Pesawat Macet, Penumpang Wings Air Diturunkan di Ujung Landasan

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM — Diduga roda pesawat macet, pesawat Wings Air ATR 72-600 jurusan Medan – Gunungsitoli terpaksa menurunkan penumpang di ujung landasan pacu Bandar Udara Binaka, Kota Gunungsitoli, Jumat (10/2/2017).

Akibat insiden tersebut, sejumlah penumpang yang ada di atas pesawat sempat resah, dan sejumlah penerbangan di Bandara Binaka, Kota Gunungsitoli sempat tertunda.

Fanotona Waruwu anggota DPRD Sumatera Utara asal Pulau Nias yang dihubungi melalui telepon seluler, Jumat (10/2/2017), membenarkan insiden tersebut. Anggota DPRD Sumut dari Komisi A  tersebut merupakan salah satu penumpang yang ada di atas pesawat saat insiden tersebut terjadi.

“Betul terjadi kerusakan pada roda pesawat yang kami tumpangi waktu mendarat di Bandara Binaka. Pesawat yang kita tumpangi berangkan dari Bandara Kualanamu pukul 06.30 WIB dan mendarat di Bandara Binaka pukul 07.30 WIB. Setelah mendarat, tiba tiba pesawat yang hendak ke terminal penumpang jalannya tersendat-sendat, dan berhenti di ujung landasan pacu,” terang Fanotona Waruwu.

Menurut Fanotona, pesawat yang mereka tumpangi tiba-tiba berhenti dan tidak bisa berputar menuju terminal penumpang. Penumpang kemudian diturunkan diujung landasan pacu setelah menunggu setengah jam.

“Saya berharap maskapai Wings Air bisa mengganti pesawat yang beroperasi di Pulau Nias dengan pesawat yang lebih baik. Pihak maskapai harus lebih memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penumpang yang mayoritas masyarakat Pulau Nias, dan berharap insiden serupa tidak terulang lagi,” ucap anggota DPRD Sumut tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media, akibat insiden tersebut, sejumlah jadwal penerbangan di Bandara Udara Binaka sempat ditunda. Setelah dilakukan perbaikan selama beberapa jam, pesawat yang mengalami kerusakan tersebut akhirnya dapat beroperasi kembali dan berangkat menuju Bandara Kualanamu-Medan.

Hingga berita ini ditayangkan, Plt Kepala Bandara Binaka Gunungsitoli Surya Dharma Harefa tidak bisa dimintai tangggapan atas insiden tersebut, karena telepon selulernya tidak aktif, dan pesan singkat yang dikirim wartawan juga tidak dijawab. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *