PT Taspen Buka Kantor Cabang Kepulauan Nias

NIAS, SANURIA.COM — PT Taspen (Persero) membuka kantor cabang di Kepulauan Nias. Kantor PT Taspen (persero) Cabang Kepulauan Nias diresmikan langsung oleh Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro.

Pada peresmian kantor PT Taspen (Persero) Cabang Kepulauan Nias di Jalan Diponegoro, Desa Sifalaete, Kota Gunungsitoli, Rabu (18/1/2016), terlihat hadir Wali Kota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua, Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, MM, Bupati Nias Utara Ingati M Nazara dan Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua SH MH.

Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro dalam sambutannya memberitahu, pembukaan kantor PT Taspen Cabang Kepulauan Nias merupakan rencana dari Bank Mantap, atau gabungan dari Bank Mandiri dan Taspen.

Beberapa pertimbangan yang dilakukan sehingga kantor PT Taspen (Persero) Kepulauan Nias dibuka, melihat kesulitan yang dialami para pensiunan yang ingin berhubungan dengan PT.Taspen, sehingga PT Taspen menganggap perlu mendekatkan diri kepada mereka.

PT Taspen juga optimis, jika masalah energi listrik di Pulau Nias terselesaikan, maka perkembangan ekonomi di Kepulauan Nias akan maju pesat. Sehingga, sebelum itu PT Taspen sudah hadir di Kepulauan Nias.

Tidak lupa, Iqbal Latanro memberitahu, PT Taspen adalah BUMN dan murni 100 persen milik pemerintah, dan aset PT.Taspen saat ini mencapai Rp 198 trilyun. Program PT Taspen adalah melakukan pembayaran dan pengelolaan uang pensiun.

Memberikan jaminan kecelakaan kerja dan kematian bagi aparatur sipil negara (ASN), menghandle pembiayaan jika ASN mengalami kecelakaan kerja hingga sembuh dan hingga kematian, serta mengelola jaminan kecelakaan kerja dan kematian untuk DPR, DPRD Propinsi dan DPRD Daerah.

Di tempat yang sama, Wali Kota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua mewakili Forkada mengatakan, pembukaan kantor cabang PT Taspen di Kepulauan Nias merupakan tanda kemajuan Kepulauan Nias.

Menurut dia, pemerintah se Kepulauan Nias punya prinsip, dimana pembangunan bukan hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi pembangunan butuh dukungan dari semua pihak, tidak terkecuali dari PT Taspen atau BUMN lainnya di Kepulauan Nias.

“Saya mewakili seluruh Kepala Daerah dan ASN se Kepulauan Nias merasa sangat bahagia dengan kehadiran PT.Taspen di Kepulauan Nias. Karena dengan adanya kantor PT.Taspen di Kepulauan Nias, seluruh urusan cepat selesai. Sebelumnya, untuk mengurus pensiun harus ke kantor PT.taspen di Medan, dan membutuhkan waktu satu minggu hingga satu bulan barui selesai dan uangnya bahkan baru keluar satu bulan bahkan bisa satu tahun,” ungkap Ir Lakhomizaro.

Tidak lupa dia berharap dalam pengurusan pensiunan di PT Taspen Cabang Kepulauan Nias kelak tidak ada yang namanya pungutan liar, karena pemerintah di Kepulauan Nias sangat menjunjung tinggi semangat Presiden dalam penghapusan pungli dengan pembentukan saber pungli.

Sebelumnya, Project Officer PT Taspen Cabang Kepulauan Nias Duhuzatulo Gulo dalam laporannya memberitahu, kantor PT.Taspen sudah berdiri di Kepulauan Nias sejak tanggal 29 Juni 2016, dan kantor PT.Taspen Cabang Kepulauan Nias adalah kantor tipe D.

Kantor PT Taspen Cabang Kepulauan Nias melayani ASN di 5 Kabupaten/Kota se Kepulauan Nias. Untuk asuransi, ASN yang dilayani sebanyak 16.144 jiwa, sedangkan yang dilayani untuk pensiunan sebanyak 4.524 jiwa.

Dana yang disalurkan PT Taspen untuk pembayaran pensiunan setiap bulannya di Kepulauan Nias adalah sebesar Rp 9,1 milliar.

Pada acara peresmian kantor Cabang PT Taspen Kepulauan Nias, Dirut PT Taspen menyerahkan bantuan sebesar Rp 200 juta untuk gereja dan masjid, dimana bantuan diterima Wali Kota Gunungsitoli. [IH] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *