Protes Pemadaman Warga Bakar Lilin Depan Kantor PLN Nias

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM — Protes pemadaman listrik, sejumlah warga Kota Gunungsitoli melakukan aksi bakar lilin di depan kantor PT PLN Area Nias, Jalan Gomo, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Selasa (4/4/2017) sekitar pukul 20.30 WIB.

Warga yang melakukan aksi bakar lilin sempat bersitegang dengan pihak keamanan kantor karena dilarang.

Setelah melakukan aksi bakar lilin, warga mebubarkan diri dan meninggalkan kantor PT PLN Area Nias pukul 21.30 WIB atau sebelum personil Polres Nias tiba.

Manager PT PLN Area Nias Poltak Sitorus yang ditemui di kantornya, Rabu (5/4/2017) mengatakan, aksi yang dilakukan warga sah-sah saja, dan dia maklum jika warga kesal akibat pemadaman listrik pada malam hari.

“Sah sah saja, karena kalau lampu padam pada malam hari, pasti semua kesal. Itu adalah bentuk rasa kekecewaan mereka, tetapi mereka akhirnya membubarkan diri setelah kita beri penjelasan,” ujar Poltak Sitorus.

Poltak memberitahu, pemadaman listrik yang terjadi kemarin malam disebabkan putusnya jamran pada jaringan utama. Penyebab putusnya jamran utama adalah akibat beban besar, sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan mengganti jamran utama yang putus.

Sedangkan pemadaman yang terjadi pada pagi dan siang hari, disebabkan tali layangan yang dilempar warga iseng pada jaringan yang ada di Desa Iraonolase, Kecamatan Alo’oa, Kota Gunungsitoli.

“Sebenarnya kita sudah ada rencana mengganti semua jamran, tetapi terus kita tunda karena harus dilakukan pemadaman listrik se Kepulauan Nias. untuk memback-up pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kita telah menempatkan genset di lokasi sekolah yang melaksanakan UNBK,” terangnya. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *