Polres Nias Bekuk DPO Kasus Pembunuhan

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM — Polisi Resor Nias berhasil membekuk YH alias Ama Wida (39), buronan kasus pembunuhan tujuh tahun lalu. YH alias Ama Wida ditangkap di Dusun II, Desa Hilina’a Tafuo, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias, Jumat (10/3/2017) sekitar pukul 04.30 dinihari.

Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua melalui Ps Paur Humas Polres Nias Aiptu Osiduhugo Daeli yang ditemui di Mapolres Nias, Jumat (10/3/2017), membenarkan penangkapan terhadap YH alias Ama Wida.

YH alias Ama Wida telah masuk daftar pencarian orang (DPO) Polres Nias karena kasus pembunuhan terhadap Fatulo Laia alias Ama Tinu (37) di Desa Hilina’a Tafuo tahun 2010 yang lalu.

Kini YH alias Ama Wida meringkuk di sel tahanan Polsek Idanogawo guna penyidikan, dan dalam waktu dekat akan diajukan Polisi kepada Jaksa Penuntut Umum, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli.

Menurut Osiduhugo, penangkapan terhadap YH alias Ama Wida dipimpin oleh Kapolsek Idanogawo AKP IB Harefa dibantu tim personil unit operasional Sat Reskrim Polres Nias yang dipimpin Bripka Op Sardo Simarmata.

YH alias Ama Wida selama ini sangat lihai, dan sering lolos dari sergapan Polisi saat hendak ditangkap. Namun, ketika mendapat informasi, Polisi merubah taktik dan melakukan aksi penyergapan, Jumat (10/3) sekitar pukul 03.00 wib dinihari.

“Untuk mendekati rumah YH alias Ama Wida, polisi tidak melalui jalan yang biasa dilalui warga desa. Personil yang dipimpin Kapolsek Idanogawo mendekati rumah YH alias Ama Wida dengan melewati jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan, dan harus berjalan kaki. Saat disergap, YH alias Ama Wida masih tertidur, sehingga tidak bisa kabur atau melakukan perlawanan,” tutur Osiduhugo Daeli.

Kepada media, Aiptu Osiduhugo Daeli menerangkan, YH alias Ama Wida menghabisi nyawa korban tujuh tahun lalu hanya karena tersinggung. Korban dihabisi dengan cara dibacok dan ditusuk hingga tewas.

“Kapolres Nias memberikan apresiasi kepada Kapolsek Idanogawo dan tim yang berhasil menangkap buronan YH alias Ama Wida. Kapolres Nias juga mengatakan, jika penangkapan terhadap YH alias Ama Wida merupakan bukti jika setiap laporan yang diterima Polres Nias tetap diproses, walau membutuhkan waktu yang agak lama. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *