Plt Gubernur Sumut Lantik Empat KDh Nias di Jakarta

SANURIA.COM, JAKARTA- Pelaksana Tugas Gubernur  Sumatera Utara Tengku Tengku Ery Nuradi melantik  empat pasangan kepala daerah di Pulau Nias periode 2016-2021 pada Jumat (22/4/2016) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta.

Adapun Bupati yang dilatik adalah Dr Hilarius Duha SH, MH – Wakil Bupati Sozanolo Ndruru (Kabupaten Nias Selatan), Bupati Faduhusi Daely S Pd – Wakil Bupati Khenoki Waruwu (Kabupaten Nias Barat), Bupati Marselius Ingat Nazara – Wakil Bupati Haogosochi Hulu (Kabupaten Nias Utara) dan Walikota Lakhömizaro Zebua – Wakil Walikota Sowa’a Laoli (Kota Gunungsitoli).

Selain melantik empat KDh Nias, Plt Gubsu juga melantik Bupati Karo Terkelin Brahmana-Wakil Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang. Sedangkan Bupati Simalungun JR Saragih dilantik tanpa didampngin Wakil Bupati Amrah Sinaga akibat tersandung masalah hukum.

Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Polhutkam Luhut Binsar Panjaitan berfoto usai pelantikan dan pengangkatan sumpah jabatan 6 Kdh di Sumut periode 2016-2021 di ruang Sasana Bhakti Praja, Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat (22/4/2016) sore.

Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Polhutkam Luhut Binsar Panjaitan berfoto usai pelantikan dan pengangkatan sumpah jabatan 6 Kdh di Sumut periode 2016-2021 di ruang Sasana Bhakti Praja, Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat (22/4/2016) sore.

Sebelumnya, pelantikan sempat diperkirakan oleh masyarakat Nias minggu yang lalu di Kantor Gubenur Sumatera Medan, pasca berakhirnya masa jabatan sejumlah kepala Daerah di Kepulauan Nias 12 April 2016.

Para tokoh tokoh dan masyarakat Nias sempat membludak di Medan untuk ikut  menyaksikan pelantikan, namun mereka sempat kecewa karena jadwal pelantikan oleh Gubenur belum ada kepastian.

Setelah ada desakan para tokoh tokoh untuk melaksanakan pelantikan melalui media,  akhirnya Kementrian Dalam Negeri cepat tanggap dan melantik di Jakarta.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Menko Polhukam Luhut B Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Ketua KPU Husni Kamil Malik, Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamaruzzaman dan sejumlah pejabat lainnya.

Para pejabat dari keempat daerah, di antaranya pimpinan DPRD dan Kapolres Nias Selatan AKBP Robert da Costa juga menghadiri pelantikan tersebut.

Keempat kepala daerah baru tersebut menggantikan empat kepala daerah periode 2011-2016, yakni Idealisman Dachi–Hukuasa Ndruru (Kabupaten Nias Selatan), Adrianus Aroziduhu Gulo – Hermit Hia, Edward Zega – Fangato Lase (Nias Utara) dan Martinus Lase – Aroni Zendrato (Kota Gunungsitoli).

Sejumlah warga dari Nias dan juga masyarakat Nias yang berada di Jakarta turut meramaikan kantor Kemendagri dengan menghadiri pelantikan tersebut. Salah satu diantaranya mantan pejabat di Kepulauan Nias yang ikut hadir adalah Bupati Nias Binahati B Baeha SH. [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *