Pemko Gunungsitoli Usir Paksa KPU Nias

SANURIA.COM, GUNUNGSITOLI — Pemerintah Kota Gunungsitoli melakukan upaya paksa agar personil  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias mengosongkan bangunan eks kantor Dinas Koperasi Kabupaten Nias yang terletak di Jalan Diponegoro, Desa Miga, Kota Gunungsitoli, Selasa (22/8/2017).

Upaya paksa yang dilakukan Pemko Gunungsitoli sempat membuat personil Satpol-PP Kota Gunungsitoli dan personil KPU Kabupaten Nias bersitegang, karena personil KPU Nias menolak mengosongkan kantor tersebut.

Perseteruan berhasil diredam dengan kedatangan personil keamanan dari Polres Nias.

Akibat penolakan tersebut, Pemerintah Kota Gunungsitoli menggembok pagar Kantor KPU Nias, karena menganggap masa pinjam pakai kantor eks Dinas Koperasi dan UMKM yang oleh KPU Nias telah berakhir.

Selain aksi penggembokan, Pemko Gunungsitoli yang menerjunkan puluhan Satpol-PP yang dipimpin Asisten I Kurnia Zebua dan Kasatpol-PP Murni Darma Zebua juga memasang plank jika kantor tersebut adalah aset milik Pemko Gunungsitoli.

Ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulo yang dihubungi wartawan mengaku jika  KPU Kabupaten Nias sangat terganggu atas insiden tersebut. Menurut dia,  KPU Nias saat ini sedang melaksanakan tahapan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018.

Abineri juga menegaskan, KPU Nias tidak akan meninggalkan kantor tersebut, karena mereka memiliki alas hak kepemilikan kantor tersebut, yaitu Surat Keputusan Kementerian Keuangan dan KPU Pusat.

Menurut dia, tindakan yang Satpol PP Kota Gunungsitoli adalah sikap tak terpuji dan pihaknya meragukan aksi yang dilakukan dengan mengatasnamakan Pemko Gunungsitoli tanpa ada petunjuk resmi dari Kepala Daerah.

Dia juga menyatakan jika sebagai lembaga negara yang dibentuk oleh Undang Undang, KPUD Nias meminta perlindungan hukum kepada Kapolres Nias.

Di tempat berbeda, Sekda Kota Gunungsitoli Augustinus Zega menegaskan, Pemko Gunungsitoli melakukan upaya pengosongan eks kantor Koperasi dan UMKM Kabupaten Nias, karena masa pinjam pakai oleh KPU Nias sudah berakhir.

Sekda yang ditemui di kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu (23/8/2017) menegaskan, eks kantor Koperasi dan UMKM Kabupaten Nias yang kini ditempati KPU Nias adalah aset Pemko Gunungsitoli.

Aset tersebut telah diserahkan Pemkab Nias kepada Pemko Gunungsitoli tanggal 13 Februari 2013 dan telah tercatat dalam buku inventaris barang milik Pemko Gunungsitoli. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *