Pemko Gunungsitoli Mulai Terapkan e-Planning

GUNUNGSITOLI, SANURIA — Mulai tahun 2018, Pemerintah Kota Gunungsitoli sudah menerapkan penggunaan program perencanaan secara elektronik atau e-Planning dalam perencanaan pembangunan.

Seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Utara telah diarahkan agar efektif menggunakan program perencanaan e-Planning pada tahun 2019.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Gunungsitoli Oimonaha Waruwu pada acara temu pers yang digelar di restaurant umbu Kaliki, Jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli, Rabu (7/2/2018).

“Secara keseluruhan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara diminta untuk efektif menggunakan program perencanaan e-Planning tahun 2019, tetapi tahun ini kita sudah gunakan program e-Planning dalam perencanaan walau masih secara offline, dan masih menggunakan aplikasi e-Planning Kota Medan,” terangnya.

Kepala Bappeda memberitahu, seluruh Kasubbag program telah diberikan pelatihan tentang e-Planning, dan penggunaan e-Planning masih lingkup SKPD karena masih tahap percobaan atau offline.

Yang memiliki wewenang memegang username e-Planning adalah seluruh stakholder, mulai dari Wali Kota Gunungsitoli, Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sekda, Kepala SKPD, Camat sampai pemimpin Kelurahan/Desa.

BACA JUGA

2018, Anggaran Pemko Gunungsitoli Utamakan Kegiatan Prioritas

“Kalau sudah menggunakan e-Planning, maka hasil Musrenbang bisa diinput desa dan masyarakat bisa tahu apa yang dibutuhkan. Dengan penggunaan e-Planning, usul yang telah dibahas tidak bisa lagi diganti, dan apabila ada yang mengganti akan ketahuan kapan usul tersebut diganti,” tuturnya.

Tidak lupa dia menegaskan, seluruh pemegang username e-Planning bertanggungjawab terhadap apa yang telah dimasukkan dalam e-Planning, dan setelah dirampungkan, maka isi dari e-Planning bisa diakses.

“Untuk program perencanaan tahun 2019 dengan menggunakan e-Planning sudah kita mulai kemarin sore, dan apa yang diusulkan Bappeda dan DPRD untuk perencanaan pembangunan di Kota Gunungsitoli akan ketahuan,” ujarnya. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *