Pemkab Nias Sadap Perdana Karet Okulasi

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM — Pemerintah Kabupaten Nias melakukan penyadapan perdana karet okulasi. Penyadapan perdana yang dilakukan Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH MH dilakukan di kebun milik kelompok Tani Duma Duma, Desa Fadoro, Kecamatan Hiliserangkai, Kabupaten Nias, Kamis (19/1/2016).

Pada acara penyadapan perdana, Wakil Bupati Nias mengatakan,Pemkab Nias melalui SKPD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setiap tahun berupaya melaksanakan program pembangunan ekonomi masyarakat. baik itu peningkatan produksi tanaman perkebunan, juga program peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para petani dan kelompok tani.

Selain itu, pemberian bantuan bibit karet unggul kepada petani atau kelompok tani serta bantuan sebagian sarana produksi yang dibutuhkan,demikian juga pemberdayaan petani melalui pelatihan penerapan teknologi budidaya tanaman karet.

“Kita semua bangga dan bergembira karena dapat melaksanakan penyadapan perdana tanaman karet okulasi yang telah ditanam dan diusahakan dengan baik oleh kelompok tani Duma-Duma. Kelompok Tani Duma Duma merupakan salah satu kelompok tani penerima manfaat bantuan pengadaan bibit karet pada waktu lima tahun yang lalu,” terang Wakil Bupati Nias.

Dia juga berharap, pengembangan tanaman karet okulasi terus berkelanjutan,dan kiranya menjadi pendorong bagi kelompok tani lainnya di Kecamatan Hiliserangkai, dan Kabupaten Nias . Kepada  kelompok tani, dia mendorong untuk terus berkarya membangun usaha perkebunan rakyat, dan dalam mengembangkan usahanya selalu berkonsultasi pada dinas pertanian dan ketahanan pangan.

Kepada para penyuluh pertanian lapangan, Wakil Bupati Nias menekankan untuk selalu aktif melaksanakan kunjungan pembinaan pada kelompok-kelompok tani, dan menjadi konsultan yang handal dalam usaha kelompok tani. SKPD terkait juga diharapkan benar benar memberi perhatian dalam melaksanakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sedang giat giatnya membangun usaha.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Yaredi Laoli pada kesempatan yang sama mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Nias untuk bekerja keras dalam memanfaatkan potensi potensi wilayah yang dipadukan dengan program-program pembangunan. Baik itu program pembangunan Pemerintah Daerah maupun program pembanguna pemerintah pusat.

“Kami dari Lembaga Perwakilan Rakyat menyambut baik pelaksanaan penyadapan perdana tanaman karet okulasi,khusus di lahan kelompok tani duma duma. Kita boleh bangga karena upaya pemerintah selama ini melalui instansi terkait khususnya Dinas Pertanian dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan produksi karet di daerah ini dengan tujuan akhir mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan keluarganya,” ucap Ketua DPRD Kabupaten Nias.

Dalam laporan sebelumnya, Kadis Pertanian kabupaten Nias mengungkapkan pelaksanaan pengembangan tanaman karet okulasi bertujuan untuk meningkatkan luas tanaman perkebunan karet rakyat,meningkatkan mutu/intensifikasi pengelolaan perkebunan karet rakyat, mendorong percepatan peremajaan tanaman karet tua di daerah Kabupaten Nias, membuka lapangan kerja bagi masyarakat, meningkatkan produksi dan produktifitas pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *