Pemkab Nias Kirim Tenaga Kerja ke Batam

NIAS, SANURIA.COM — Pemerintah Kabupaten Nias mengirim sebanyak 57 tenaga kerja wanita untuk dipekerjakan sebagai operator produksi di perusahaan milik PT Philips Batam, di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Pengiriman tenaga kerja ke Batam untuk mengatasi masalah tingginya angka pertumbuhan tenaga kerja yang belum memiliki kesempatan mendapat lapangan kerja atau pengangguran di Kabupaten Nias.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu SH MH saat melepas 57 tenaga kerja asal Kabupaten Nias dan daerah lain untuk bekerja di perusahaan milik PT Philips Batam, di aula kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Kabupaten Nias, Desa Hiliweto, Kabupaten Nias, Selasa (30/1/2018).

Pemerintah Kabupaten Nias memprogramkan perluasan dan penempatan tenaga kerja di dalam dan luar daerah Kabupaten Nias, serta ke luar negeri melalui kerjasama dengan sejumlah perusahaan perusahaan.

“Kita akui jika masalah yang dihadapi Kabupaten/Kota saat ini adalah tingginya angka pertumbuhan tenaga kerja yang belum memiliki kesempatan lapangan kerja atau pengangguran,” terangnya.

Sejak tahun 2013, Pemkab Nias sudah bekerjasama dengan PT Philips Batam dan PT Rubycon Indonesia Batam melalui perekrutan tenaga kerja yang dilakukan PT Danka Hureko Batam. Tenaga kerja yang akan diberangkatkan besok, Rabu (31/1) untuk bekerja di Batam seluruhnya adalah wanita dan berjumlah 57 orang.

“Para tenaga kerja tersebut akan dipekerjakan sebagai operator produksi pada perusahaan milik PT.Philips Batam,” tuturnya.

Dalam laporan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Kabupaten Nias Drs Ingati Hura, diketahui jika Pemkab Nias bersama PT Danka Hureco telah melakukan seleksi secara ketat sebelum acara pelepasan.

Dari 186 peserta yang mendaftar, hanya sebanyak 57 orang yang lulus. Hingga saat ini, jumlah tenaga kerja yang telah dikirimkan Pemkab Nias bekerja di Batam sejak tahun 2013 berjumlah 486 orang. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *