Perencanaan Bangun Rumah Sakit Pratama Nias Utara Tumpang Tindih

SANURIA.com, NIAS UTARA – Pembangunan  rumah sakit Pratama Kabupaten Nias Utara beberapa hari terakhir menjadi sorotan. Pasca tidak adanya kajian analisa dampak lingkungan (Amdal) dalam perencanaannya, ternyata pembangunan rumah sakit yang kini tengah dikerjakan di  Desa Lolofaoso, Kecamatan Lotu, diketahui juga dilaksanakan dalam 2 kali perencanaan dan penganggaran.

Informasi yang diterima, sebelumnya di masa kepemimpinan Bupati Nias Utara pada tahun 2011, telah melakukan perencanaan dengan pembiayaan senilai Rp 450 juta. Namun pada tahun 2016, dimasa Bupati Nias Utara Ingati Nazara, kembali lagi membuat perencanaan berbiaya Rp 531 juta dengan objek yang sama yaitu perencanaan pembangunan rumah sakit Nias Utara.

Terendus kabar bahwa perencanaan pada tahun 2016 yang dikerjakan oleh konsultan perencana dari Medan. Sampai sekarang pemerintah Kabupaten Nias Utara belum melakukan pembayaran.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara Beritani Gea S Farm Apt, ketika dihubungi wartawan via telepon mengatakan, bahwa benar perencanaan itu telah ada sebelumnya pada tahun 2011 dengan anggaran Rp 450 juta.

BACA JUGA
Pembangunan RS Pratama di Nias Utara Diduga Tak Miliki Kajian Amdal

“Setelah dikaji perencanaan itu, ternyata biayanya sangat besar. Sementara yang diizinkan kementrian kesehatan kepada kita untuk dibangun rumah sakitnya adalah hanya tipe rumah sakit pratama. Makanya kembali kita lakukan perencanaan pada tahun 2016 berskala rumah sakit pratama. Jadi tidak disengaja 2 kali dilakukan perencanaan itu,” katanya menjelaskan.

Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara dari Partai Amanat Nasional (PAN) Yaaman Telaumbanua SE MM juga membenarkan adanya dua kali perencanaan dan penganggaran dalam pembangunan rumah sakit pratama Nias Utara.

“Tapi setahu saya, ada anggaran yang tidak terpakai dan menjadi silpa. Tapi saya tidak punya datanya pada anggaran tahun berapa,” ujar Yaaman saat dihubungi via telepon. [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *