Pelaku Pembunuh Petugas Pajak Bertambah

SANURIA.COM, GUNUNGSITOLI- Lima pelaku pembunuh petugas pajak Toga Parada Fransriano Siahaan dan Sozanolo Lase, terancam hukuman mati. Kini toke getah Agusman Lahagu alias Ama Tety (45) dan empat karyawannya Anali Zalukhu (17), Desma Lahagu (22), Marwan Gulo (18) dan Bedali Lahagu (43) telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua, SH MH yang ditemui wartawan di Mapolres Nias, Jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Rabu (13/4/2016), memberitahu, penambahan tersangka dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan  10 pekerja yang diamankan sebelumnya.

Agusman Lahagu alias Ama Tety (kiri) dan empat karyawannya saat berada di Mapolresta Nias (kanan) telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Sebelumnya Agusman Lahagu mengaku sendirian melakukan pembunuhan terhadap kedua korban, tetapi dari keterangan 10 pekerja yang diperiksa terungkap, jika empat pekerja yang diamankan karena ikut andil dalam menghabisi Sozanolo Lase.

BACA JUGA
Ditagih Rp 14,7 Milliar, Toke Getah Habisi Petugas Pajak

Pembunuhan Petugas Pajak

Rumah Agusman Lahagu alias Ama Tety (45), pelaku pembunuhan dua petugas pajak yang berada di Jalan Yos Sudarso, Desa Moawo, Kota Gunungsitoli, Selasa (12/4/2016).

Kapolres Nias mengungkapkan, Sozanolo Lase sempat kabur usai ditikam Agusman Lahagu alias Ama Tety di pondok. Tetapi dia dicegat dan dianiaya empat pekerja Anali Zalukhu, Desma Lahagu, Marwan Gulo dan Bedali Lahagu.

Keempatnya kemudian bersama-sama menganiaya Sozanolo Lase dan Sozanolo akhirnya tewas setelah kepalanya dipukul dengan batu oleh Bedali Lahagu. Dari hasil outopsi, kedua korban tewas akibat mengalami sejumlah luka tusuk senjata tajam di dada, perut, dan punggung, serta luka di kepala akibat benturan benda keras.

Kelima tersangka dijerat dengan pasal 340 subsider 388 atau pasal 170 ayat 1 dan 2, ke 2, ke 1e, ke 2e, ke 3e, subsider pasal 351 ayat 1,2 dan 3, dan atau pasal 214, pasal 212 yunto pasal 55, 56 KUHpidana dengan ancaman hukuman mati. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *