Narkoba, dari Kampung Kubur Sampai ke Istana Negara

Tertangkapnya Prajurit Satu Frestiyan Ardha Pranata, anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, menjadi bukti baru bahwa, tidak satupun profesi yang terbebas dari ancaman zat adiktif tersebut.

Pratu Frestiyan yang merupakan pengawal bermotor di batalyon pengawal protokoler kenegaraan, Paspampres, ditangkap karena kedapatan membawa narkotika jenis sabu dan ekstasi saat melewati pintu pemeriksaan calon penumpang di pintu terminal keberangkatan maskapai Garuda tujuan Soekarno Hatta, Cengkareng, Senin (11/1/2016) sekitar pukul 04.38 WIB.

Dari tangannya, petugas mendapati 1 plastik transparan berisikan 1/2 butir ekstasi dan narkotika jenis sabu seberat 0,35 gram.

Melihat fenomena itu, sejumlah pihak merasa prihatin. Apalagi Frestiyan memiliki tanggungjawab mengamankan nyawa seorang presiden. Kemana pun Presiden Jokowi pergi, Paspampres selalu berada di sekelilingnya untuk memberikan pengamanan.

Termasuk ketika Jokowi berada di dalam mobil, samping kanan dan kiri mobil Presiden selalu ada dua kendaraan bermotor yang dikendarai Paspampres yang juga mengawal mobil Presiden.

Istana pun bereaksi atas tertangkapnya pasukan terpilih Istana Negara itu. Sekretaris Kabinet Pramono Anung meminta Komandan Paspampres dan Mabes TNI untuk mencopot yang bersangkutan.

“Harus dijaga bagi korpsnya, maka dalam hal ini, pemerintah meminta Danpaspampres dan POM TNI untuk diberikan tindakan. Kalau perlu dicopot,” kata Pramono.

Kasus tertangkapnya seorang paspamres ini menambah daftar panjang oknum aparat keamanan yang terjerat narkoba. Bukan hal baru pula, kalau oknum TNI/Polri ditengarai sebagai beking peredaran narkoba di Indonesia. Itu sebabnya, mengapa Narkoba sulit sekali dibumi hanguskan dari Ibu Pertiwi.

Dalam lingkup Sumatera Utara, Kampung Kubur, yang dijuluki Kampung Narkoba di Medan, misalnya. Ratusan kali digerebek, dengan berbagai temuan barang bukti, tapi hingga saat ini petugas tak kunjung bisa membersihkan narkoba dari kawasan setingkat Kecamatan di Medan Petisah itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *