Menteri ESDM Tiba di Pulau Nias Pantau Penanganan Kelistrikan

NIAS, SANURIA.COM- Memastikan penanganan krisis listrik yang terjadi di Pulau Nias berjalan dengan baik, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said datang ke Pulau Nias.

Menteri ESDM yang didampingi Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan dan Direktur Bisnis PT PLN Regional Sumatera Amir Rosidin disambut Bupati Nias Sokhiatulo Laoli MM,  Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua serta Dandim 0213/Nias Letkol Inf Luhut B Sidabariba di Bandara Binaka Gunungsitoli, Kamis (14/4/2016).

Pada kunjungannya di Pulau Nias, Menteri ESDM meninjau langsung proses pemulihan listrik di Pulau Nias dan lokasi PLTD Idanoi yang terletak di Desa Dahana, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli.

Selain itu, Menteri ESDM melakukan tatap muka dengan pemangku kepentingan dan tokoh masyarakat Kepulaua Nias di ruang oval, kantor Bupati Nias. Pada pertemuan dengan pemangku kepentingan dan tokoh masyarakat, Menteri ESDM memberitahu jika ke Pulau Nias untuk melihat langsung situasi, dan proses pemulihan Listrik.

Dia memberitahu, saat ini rasio elektrifikasi Kepulauan Nias hanya mencapai 47 persen dan berharap dengan penambahan pembangkit, rasio elektrifikasi Kepulauan Nias dapat meningkat hingga 80 persen dalam 3 tahun ke depan.

BACA JUGA
Protes Pemadaman Listrik, Warga Nias Diamankan Polisi

Di tempat yang sama, Direktur Bisnis PT.PLN Regional Sumatera Amir Rosidin memberitahu jika langkah pertama berupa pemulihan kelistrikan di Pulau Nias telah selesai. Langkah selanjutnya yang dilakukan PLN memasang mesin genset berdaya 8 MW dari Langsa untuk cadangan pasokan listrik di Pulau Nias.

BACA JUGA
Delapan Pendemo PLN Jadi Tersangka

Selain itu, membangun PLTGB berdaya 25 MW di samping lokasi PLTD Idanoi, dimana saat ini mesin PLTGB berdaya 25 MW telah dipesan dari luar negeri, dan posisinya sudah berada di Singapura.

Mengatasi masalah jaringan, tahun ini dibangun jaringan transmisi dari Gunungsitoli menuju Teluk Dalam. Tahun 2017, PLN menargetkan pembangunan jaringan tranmisi Gunungsitoli menuju Nias Utara. [IH]

1 Comment

  1. Pingback: Menteri ESDM Ingatkan PLN Supaya Nias Tidak Terancam Krisis Listrik Lagi – Sanuria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *