Mantan Bupati Nias Binahati Baeha Ditahan Kejaksaan

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM – Mantan Bupati Nias dua periode 2001-2005 dan 2006-2011,  Binahati Benecditus Baeha ditahan penyidik Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Selasa (10/10/2017).

Binahati Baeha ditahan di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Gunungsitoli terkait kasus korupsi penyertaan modal pada PT Riau Air Lines tahun 2007 sebesar Rp 6 miliar.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Yus Iman Harefa yang sempat ditemui wartawan di kantor Kejari Gunungsitoli, Jalan Soekarno, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli membenarkan Binahati B Baeha ditahan terkait kasus korupsi penyertaan modal pada PT RAL sebesar Rp 6 milliar.

Binahati B Baeha terancam hukuman 20 tahun penjara dan ditahan selama 20 hari ke depan guna penyidikan.

Sesuai pantauan media, saat digiring ke mobil menuju Lapas, Binahati B Baeha didampingi istri Ny Leni Baeha beserta pengacara dan tidak menanggapi pertanyaan media.

Namun, istri Binahati sempat berteriak histeris sambil mengatakan jika suaminya tidak bersalah.

Untuk diketahui, kasus PT RAL ditangani penyidik Polres Nias, dan setelah bertahun tahun, Kejari Gunungsitoli baru menerbitkan surat P21 dan P22.

Binahati B Baeha yang sudah ditetapkan sebagai tersangka selama beberapa tahun akhirnya diantar ke Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Selasa (10/10) dan langsung ditahan.

Sebelumnya, Binahati B Baeha juga pernah ditahan KPK karena tersandung kasus korupsi penyelewengan dana penanggulangan bencana gempa dan tsunami di Kabupaten Nias. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *