Listrik Padam, Simulasi UNBK SMK Terhenti

NIAS, SANURIA.COM – Akibat pemadaman listrik, pelaksanaan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (NBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Nias, Nias Utara dan Kota Gunungsitoli sempat terhenti.

Kepala UPT Disdik Gunungsitoli Drs Gatimbowo Lase MM kecewa, karena sebelumnya telah menyurati PT PLN Area Nias meminta listrik tidak dipadamkan selama simulasi.

Kekecewaan trrsebut diungkapkan saat memantau pelaksanaan simulasi SMK Negeri Idanogawo yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gido, Desa Hiliweto, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Rabu (1/2/2018).

“Akibat pemadaman listrik, para siswa harus mengulang simulasi dari awal selama beberapa kali, bahkan ada yang meninggalkan ruang simulasi saat listrik padam,” ungkap Gatimbowo.

Gatimbowo memberitahu, UPT Disdik Gunungsitoli membawahi Kabupaten Nias, Nias Utara dan Kota Gunungsitoli.

Simulasi UNBK SMK digelar tanggal 31 Januari dan 1 Februari, sedangkan simulasi UNBK untuk SMA/MA akan digelar tanggal 7 dan 8 Februari.

Ketika dikonfirmasi pada hari yang sama, Manager PT PLN Area Nias Poltak Sitorus mengakui telah menerima surat dari UPTD Pendidikan tanggal 30 Januari.

Menurut dia, karena surat dari UPT Disdik Gunungsitoli jadwal pemadaman emergency yang seharusnya dilaksanakan tanggal 31 Januari mereka tunda.

Mengenai pemadaman listrik saat pelaksanaan simulasi, Poltak mengatakan jika hal tersebut diluar dugaan, dan listrik padam akibat gangguan.

Listrik padam langsung dari pembangkit akibat salah satu jalur dari Idanoi ke Nias tengah mengalami lepas jumperan. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *