Kronologi Tenggelamnya Kapal Hingga Hilangnya Anggota DPRD Nias Utara

Pdt Budieli Hia, salah satu korban selamat bersama polisi

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM- Anggota DPRD Nias dinyatakan hilang setelah kapal yang ditumpanginya bersama empat orang lainnya terbalik  di laut antara Pulau Bogi dengan Pulau Hinako, Kabupaten Nias Barat, Rabu (22/6/2016).

Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua melalui Ps Paur Humas Polres Nias Aiptu Osiduhugo Daeli Kamis (23/6/2016), membenarkan jika ada perahu terbalik yang ditumpangi anggota DPRD Nias Utara Pdt Herman Baeha di laut antara Pulau Hinako dan Pulau Bogi.

Menurut Osiduhugo, empat korban selamat adalah pemilik perahu Syahnan Marundruri, anak buah kapal Jimmi, Pdt Budieli Hia dan Pdt Saroziduhu Marundruri.

Sedangkan anggota DPRD Nias Utara Pdt Herman Baeha belum ditemukan hingga saat ini dan sedang dilakukan pencarian oleh polisi, Basarnas, Angkatan Laut dibantu unsur pemerintah Kabupaten Nias Barat dan masyarakat.

“Empat korban yakni pemilik kapal Syahnan Marundruri bersama anak buahnya Jimmi ditemukan terdampar di Pulau Bogi, dan Pdt Budieli Hia ditemukan terdampar di Pulau Asu kemarin. Sedangkan Pdt Saroziduhu Marundruri telah ditemukan tadi pagi di Pulau Langu, dalam keadaan selamat. Korban yang belum ditemukan hanya anggota DPRD Nias Utara Pdt Herman Baeha,” ungkap Ps Paur Humas Polres Nias.

Kepada wartawan, Aiptu Osiduhugo Daeli menerangkan kronologi peristiwa tersebut berdasarkan keterangan dari korban selamat Pdt Budieli Hia. Menurutnya,

Keberangkatan mereka saat itu karena hendak memancing di Pulau Bogi. Ketiganya berangkat dari pelabuhan Pulau Hinako menuju Pulau Bogi dengan perahu motor yang dikemudikan Syahnan Marundruri bersama Jimmi, kemarin Rabu (22/6) pukul 16.00 WIB.

Lima menit setelah perahu meninggalkan Pelabuhan Pulau Hinako, cuaca menjadi tidak bersahabat, sehingga kapal mereka terbalik akibat dihantam ombak. Kelimanya masih sempat berenang menggunakan papan dan jeriken dari perahu dan sepakat berenang bersama sama menuju Pulau Bogi.

Namun, akibat cuaca dan gelombang tinggi, kelimanya terpisah pisah, sehingga empat korban ditemukan selamat di Pulau Bogi, Pulau Asu dan Pulau Langu. Sedangkan anggota DPRD Nias Utara Pdt Herman Baeha belum ditemukan. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *