Krisis Listrik di Nias, PLN Wilayah Sumut: Sedang Uji Coba

NIAS, SANURIA.COM – Terkait pernyataan Presiden Jokowi tiga bulan lalu bahwa Nias akan bebas pemadaman listrik per Oktober bulan kemarin, warga Nias menagih PLN, kini masih kerap mati lampu, hingga beberapa kali dalam sehari.

Warga Gunungsitoli, Irwan Hulu mempertanyakan kinerja PLN yang tidak dapat mewujudkan statemen Jokowi, yang tentu sekali berasal dari internal PLN.

“Kinerja para pimpinan PLN di wilayah Sumut dipertanyakan, tidak dapat mewujudkan janji presiden ketika berkunjung ke Nias, yang notabenenya sempat dianggap hadiah bagi masyarakat,” kesal Irwan.

Hal senada disampaikan warga Nias Selatan, Sadar Halawa. “Hampir belum ada peningkatan pelayanan listrik dari kemarin hingga kini, bagaimana kinerja PLN,” ketusnya. Keluhan serupa disampaikan warga lain setiap hari.

Sementara Humas PLN Wilayah Sumut, Mustafrizal yang dihubungi menjelaskan, saat ini sedang dilaksanakan pembangunan PLTMG berkapasitas 25 MW untuk menopang daya yang tersedia saat ini. Sebesar 23 MW sedang dilakukan uji coba, sisanya dalam pengerjaan.

Selain itu, PLN bekerjasama dengan PLN Batam sebagai penyedia daya sedang melakukan pembangunan saluran tegangan tinggi ke berbagai daerah di Nias dengan kapasitas 70 KV.

Permasalahan kata Mustafrizal, distribusi daya awal sebanyak 18 MW tidak seperti yang diharapkan, ada sejumlah kerusakan dan pertukaran mesin sehingga belum dapat mewujudkan janji presiden. Kendala lain, dalam pembangunan kelistrikan ada sejumlah tantangan, seperti, ketersediaan lahan, pembenahan pohon pengganggu yang banyak di Nias, kemudian faktor cuaca.

Sehingga secara umum katanya, pengerjaan mungkin akan memiliki out put akhir Desember ini, diperkirakan layanan listrik akan mencukupi awal tahun depan. “Jika seluruh pembangunan terwujud sesuai rencana, kami perkirakan Nias akan surpus listrik 7 MW,” katanya.

Sementara lapisan masyarakat meminta PLN jangan hanya mengumbar janji dan memberikan informasi yang kurang pasti kepada masyarakat. Pembangunan kelistrikan diharapkan mampu mendukung kehidupan warga dalam segala aspek. [rhg]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *