Kejaksaan Sidik Kasus Korupsi di Dinas Tarukim Kota Gunungsitoli

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM – Kejaksaan Negeri Gunungsitoli meningkatkan kasus dugaan korupsi di Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kota Gunungsitoli ketingkat penyidikan.

Kerugian negara atas kasus korupsi dana pemeliharaan rutin kendaraan dinas, kendaraan operasional dan alat berat di Dinas Tarukim Kota Gunungsitoli tahun 2014 diperkirakan kurang lebih sebesar Rp 300 juta.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Gunungsitoli Yus Iman Harefa, SH ketika ditemui di kantor Kejari Gunungsitoli, Jalan Soekarno, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Jumat (3/1/2017).

Menurut Kasipidsus, dari Rp 900 juta dana yang digunakan untuk pemeliharaan rutin kendaraan dinas, kendaraan operasional dan alat berat di Dinas Tarukim Kota Gunungsitoli tahun 2014, terdapat sejumlah pembelian alat kendaraan fiktif.

Dalam penyelidikan Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, sesuai SPJ terdapat sejumlah pembelian alat atau bahan untuk kendaraan.

Namun tetapi ketika dicek pada toko bersangkutan, ternyata belum pernah ada pembelian tersebut.

“Kasusnya sudah kita tingkatkan ke penyidikan, dan saat ini menunggu audit BPKP. Kita sudah memeriksa sejumlah saksi yang terkait dalam kasus tersebut, diantaranya mantan Kadis Tarukim saat itu MT dan WZ,” tutur Kasipidsus Yus Iman Harefa SH. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *