Kehumasan Nisbar Vakum, Kadis Kominfo Mengaku Belum Paham Tupoksi

NIAS BARAT, SANURIA.COM – Sejak ditetapkannya Perda OPD yang menggabungkan bagian Humas ke dinas komunikasi dan informasi (Kominfo) di lingkungan Pemkab Nias Barat (Nisbar) beberapa waktu lalu, sejumlah pekerja pers mengaku kesulitan mengakses informasi.

Para kontributor media, Aminuddin, Yohanes, Beni Waruwu, Beneami dan wartawan lainnya yang sehari-hari meliput di Pemkab Nisbar mengungkapkan keanehan yang mereka alami.

Tahun lalu dikatakan mereka aktif berkomunikasi meminta informasi kegiatan Pemerintah, mengurusi koran dan pemberitaan. Namun kini fungsi kehumasan yang disebut telah menjadi urusan Kominfo, justeru Kadis Kominfo mengaku tidak memiliki kewenangan dan tidak ada anggaran dana.

Sehingga untuk menciptakan komunikasi yang intens serta fungsi pemberitaan, bupati diharapkan melakukan penataan terhadap kehumasan.

“Banyak hal menarik yang perlu diberitakan mendorong pembangunan namun kita kesulitan membuat berita berimbang karena tidak ada konfirmasi kehumasan,” kata kontributor.

Kabag Protokoler Nisbar Nurlina Gulo kepada wartawan mengatakan pihaknya tidak lagi menampung urusan kehumasan karena telah dilimpahkan ke Kominfo.

Sementara Kadis Kominfo, Turuna Gulo kepada media kurang berterima urusan kehumasan menjadi tanggung jawabnya. Alasannya ia belum menguasai Tupoksi serta tiadanya anggaran dana.

“Kami akan koordinasi dengan bupati mempetjelas Tupoksi dan pengupayaan dana. Kominfo baru dibentuk, dana kami masih kosong,” katanya. [rhg]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *