Kapolres Nias Imbau Masyarakat Gunakan CCTV

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM — Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua SH MH mengimbau masyarakat untuk menggunakan Closed Circuit Television (CCTV) di tempat usaha dan kediaman. Tujuan penggunaan CCTV, adalah untuk meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Imbauan tersebut disampaikan Kapolres Nias pada rapat koordinasi yang dihadiri Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs Edisin Ziliwu MM, Kepala BNNK Gunungsitoli AKBP AKBP Faduhusi Zendrato SH MH dan beberapa pengusaha serta pengurus BUMD dan BUMN di Aula Kamtibmas Polres Nias, Jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Selasa (20/9/2016).

Menurut Kapolres Nias, pemasangan CCTV di tempat usaha, kantor, termasuk juga di rumah, adalah untuk memudahkan penyidikan jika terjadi tindak pidana, atau jika terjadi gangguan Kamtimbas lainnya.

“Sudah banyak contoh pelaku kejahatan atau tindak pidana yang dapat terungkap berkat bantuan CCTV. Selain itu, CCTV juga bisa berfungsi sebagai upaya preventif, sehingga pelaku kejahatan menjadi ragu jika melihat sasarannya memiliki CCTV. Itu dari sudut pandang Kepolisian, sedangkan manfaat lainnya adalah menjadi alat kontrol terhadap pegawai, dan memonitor keadaan dan aktivitas di dalam rumah atau tempat usaha,” papar Kapolres Nias.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kota Gunungsitoli Drs.Edison Ziliwu, MM mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Nias,  karena Kapolres Nias telah memprakarsai kegiatan tersebut. Menurut Sekda Kota Gunungsitoli, imbauan Kapolres Nias terkait pemasangan CCTV adalah ide yang sangat luar biasa.

“D isaat orang lain baru berpikir, Kapolres Nias sudah berbuat. Pemerintah Kota Gunungsitoli akan menganggarkan pembelian CCTV dan dipasang di tempat tempat keramaian yang sering dikunjungi khalayak ramai,” ujar Sekda Kota Gunungsitoli.

Dukungan yang sama juga diberikan Kepala BNNK Gunungsitoli AKBP Faduhusi Zendrato SH MH, karena menurut dia, CCTV sangat bermanfaat jika terjadi sesuatu kejahatan di lingkungan masing masing. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *