Hendak Jual Motor Curian, Empat Warga Gunungsitoli Diamankan

NIAS, SANURIA.COM| Ketika hendak menjual motor curian jenis Kawasaki KLX dengan nomor polisi B 6017 PTQ di Kecamatan Ulugawo, Kabupaten Nias, Jumat (12/2), empat warga Gunungsitoli berinisial RZ (15), AZ (17), FH (20) dan ST (19) diamankan Polisi Sektor Idano Gawo.

Penangkapan para pelaku berkat informasi tokoh masyarakat Ulugawo lebih dikenal dengan sebutan Geto-Geto yang curiga, karena sepeda motor yang hendak dijual keempat pelaku tidak memiliki dokumen dan harganya sangat murah Rp 500 ribu.

Hal tersebut diutarakan KBO Sat Reskrim Polres Nias Ipda Agus Zendrato yang didampingi Ipda Enand Daulay kepada wartawan, ketika ditemui di Mapolres Nias, Jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Senin (15/2/2016).

Kepada wartawan, Ipda.Agus menjelaskan, tokoh masyarakat Kecamatan Ulugawo Geto Geto menghubungi Kapolsek Idano Gawo AKP IB. Jaya Harefa ketika keempat pelaku sedang menawarkan sepeda motor hasil curian kepada masyarakat.

Kapolsek langsung memerintahkan tiga orang personil Polsek Idano Gawo Brigadir Dedi Simanjuntak, Brigadir S. Batubara dan Brigadir M. Hasibuan mengecek kebenaran informasi tersebut, dan berhasil mengamankan dua orang pealku ST dan RZ dijalan.

Sedangkan AZ dan FH sempat kabur, dan ditangkap Polisi dikediaman masing masing yang terletak di Desa Boyo dan Komplek Pasar Beringin, Kota Gunungsitoli. Sepeda motor curian yang sempat mereka bawa kabur diambil di dalam jurang yang ada di Desa Saewehili, Kecamatan Idano Gawo, karena sempat dibuang para pelaku.

Sepeda motor tersbeut adalah milik Buala Mendrofa alias Ama Carla, warga Jalan Wr.Supratman, Kota Gunungsitoli yang dicuri dengan cara membongkar kediaman korban, Jumat (12/2) pukul 02.30 WIB .

Karena pelaku RZ dan AZ masih dibawah umur, keduanya tidak ditahan dan dipulangkan kepada orang tua untuk dibina. AZ dan FH ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, dan dijerat dengan pasal 363 ke 3e, 4e,5e KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *