Gubsu Tengku Erry Ajak Pemko Gunung Sitoli Sinergi Bangun Sumut

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM- Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengajak Pemerintah Kota (Pemko) Gunung Sitoli, Nias dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut bersinergi dalam menyusun program pembangunan.

Imbauan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi dalam acara Safari Ramadhan 1437 Hijriyah Pemprov Sumut bersama jajaran Pemko Gunung Sitoli di Masjid Al Furqan, Jl Rao, Kota Gunung Sitoli, Kamis (23/6/2016).

Hadir dalam acara tersebut Walikota Gunung Sitoli Ir Lakhomizaro Zebua, SKPD dan Muspida Gunung Sitoli, Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli dan jajarannya. Sementara Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut turut serta Ketua TP PKK Sumut Hj Evi Diana Erry,

Dalam kesempatan itu, Erry menyatakan, kunjungan Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut ke Gunung Sitoli adalah untuk membangun komunikasi harmonis. Tanpa komunikasi harmonis antara pemerintah dan rakyat, akan terjadi ketimpangan informasi yang dapat menghilangkan ‘sense of belonging’ dari rakyat terhadap aktivitas pembangunan.

“Selain bersilaturahmi dengan Pemerintah Kota, tim Safari Ramdhan juga menggali berbagai informasi dari Pemko dan masyarakat Gunung Sitoli. Informasi tersebut nantinya akan kami bawa dan didiskusikan untuk mencari solusinya,” sebut Erry.

Erry juga mengatakan, program pembangunan di Sumut telah disesuaikan dengan visi misi pemerintah pusat. Demikian juga hendaknya dengan Kabupaten dan Kota di Sumut.

“Kita harapkan program pembangunan di Gunungsitoli juga sejalan dengan visi misi provinsi agar terjadi sinkronisasi antara pusat, daerah hingga ke kabupaten kota secara nasional,” pesan Erry.

Tidak lupa Erry juga mengimbau Pemko Gunung Sitoli menjabarkan dan menginplementasikan sejumlah program Kementerian sesuai konteks dan kondisi di daerahnya. “Tujuannya agar selaras dan saling mengisi. Tidak terjadi ketimpangan atau tumpang tindih program,” sebut Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengimbau Pemko Gunung Sitoli menerapkan Program Terpadu Kecamatan (Paten) yakni memberi kewenangan pihak kecamatan dalam penerbitan sejumlah izin usaha dalam rangka mendorong pertubuhan pelaku usaha dan UMKM.

“Mata rantai penerbitan perizinan selalu menjadi kendala bagi pelaku usaha. Untuk kedepan, hal itu jangan terjadi lagi. Beri kewenangan pihak kecamatan untuk mengeluarkan izin tertentu, agar masyarakat dapat dengan mudah membuat izin usaha tanpa harus repot datang ke Kabupaten,” sebut Erry.

Walikota Gunung Sitoli, Lakhomizaro Zebua mengatakan, pihaknya telah menyelaraskan program pembangunan di daerahnya dengan provinsi agar selaras dan sejalan.

“Begitu juga kita selaraskan dengan Nawa Cita Pak Presiden Jokowi-JK. Dengan demikian, pembangunan di daerah kami akan mendorong pembangunan secara nasional,” sebut Zebua.

Zebua juga merasa bangga karena menjadi salah satu daerah yang dikunjungi Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut 1437 Hijriyah.

“Walau di daerah kami mayoritas masyarakat memeluk agama Kristiani, tetapi Pemprovsu mau datang bersilaturahmi dan bersafari Ramadhan ke daerah kami. Kami juga begitu, kami mengormati dan mengharga pemeluk agama Islam yang melaksanakan ibadah puasa dan tarawih di bulan Ramadhan,” ujar Zebua. [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *