Edison Ziliwu Plh Walikota Gunungsitoli

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM- Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nurady menetapkan Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs Edison Ziliwu, MM MSi menjadi pelaksanan harian Walikota Gunungsitoli.

Edison Ziliwu ditetapkan sebagai Plh Walikota Gunungsitoli, karena jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah kosong, sampai ada kebijakan pemerintah yang berwenang.

Penetapan ini Edison Ziliwu sebagai Plh Walikota Gunungsitoli diungkapkan pada acara serah terima jabatan antara Walikota Gunungsitoli Drs Martinus Lase dengan Drs Edison Ziliwu MM MSi, di Aula Samaeri, kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu (13/4/2016).

Pada sertijab, diberitahu jika sesuai radiogram Gubernur Sumatera Utara nomor 131/265 tanggal 13 April 2016, tentang berakhirnya masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli.

Karena jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah kosong, maka Sekda melaksanakan tugas setiap hari Walikota dan Wakil Walikota sampai ada kebijakan pemerintah yang berwenang.

Plh Wali Kota Gunungsitoli Edison Ziliwu mengaku kaget dan tidak tahu jika diangkat sebagai Plh Wali Kota Gunungsitoli. Dia baru tahu setelah ada yang mengingatkan jika ada radiogram Gubernur Sumatera Utara, Selasa (12/4/2016).

Kemudian dia menghadap Walikota Gunungsitoli Drs Martinus Lase, MSp, setelah tahu jika isi radiogram, dia jadi Plh Wali Kota Gunungsitolin melaksanakan tugas Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli.

Walikota Gunungsitoli Martinus Lase meminta dia melaksanakan tugas, sehingga dia sore Selasa langsung berangkat ke Medan meminta petunjuk. Di kantor Gubsu dia kembali diperintahkan melaksanakan tugas sebagai Plh Walikota Gunungsitoli.

Pada kesempatan tersebut, Edison Ziliwu berharap pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli terpilih tidak lama. Dia tidak ingin menanggung beban terlalu lama.

Menurut dia, fungsi pelaksana harian ada keterbatasan, dan dia harus merangkap jabatan sebagai Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah.

Di tempat yang sama Martinus Lase menegaskan jika yang terjadi merupakan amanat undang undang. Momentum tersebut yang sangat jarang, karena tidak biasanya Walikota definitif sertijab dengan Sekda, padahal menurut dia lebih indah jika Walikota yang mengakhiri jabatannya melakukan sertijab dengan Wali Kota terpilih.

Tidak lupa dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan, kepala SKPD dan pegawai Pemko Gunungsitoli. “Terima kasih juga diucapkan kepada lembaga DPRD Kota Gunungsitoli, karena telah berjasama dengan baik lima tahun lamanya untuk mensejahterahkan masyarakat Kota Gunungsitoli. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *