DPTHP-2 Kota Gunungsitoli Ditetapkan Sebanyak 87.001 Jiwa

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM – Komisi Pemilihan Umum Kota Gunungsitoli menggelar rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua (DPTHP-2). Pada rapat pleno rekapitulasi DPTHP-2, pemilih di Kota Gunungsitoli ditetapkan sebanyak 87.001 jiwa.

Dari hasil rapat pleno DPTHP-2, diketahui jika dari 87.001 jiwa pemilih di Kota Gunungsitoli, pemilih laki laki berjumlah 41.656 jiwa dan pemilih perempuan berjumlah 45.345 jiwa.

Rapat yang dihadiri Bawaslu, Parpol, Forkopimda, Disdukcapil dan PPK se Kota Gunungsitoli digelar di Kantor KPU Kota Gunungsitoli, Desa Dahana, Kota Gunungsitoli, Senin (12/11/2018).

Sebelum penetapan, Ketua KPU Kota Gunungsitoli Firman Gea memberitahu jika selisih hasil DPTHP-1 dengan hasil DPTHP-2 adalah sebanyak 16 pemilih dan terdapat di Kecamatan Gunungsitoli Selatan.

Dimana pada DPTHP-1 jumlah pemilih 87.017 jiwa, berkurang menjadi 87.001 jiwa karena ada data ganda yang terdapat pada program Sidalih.

Ke-16 data ganda tersebut menurutnya belum dihapus sebelum dilakukan sinkronisasi bersama Bawaslu, Parpol, Forkopimda dan PPK.

Setelah dilakukan sinkronisasi, maka DPTHP-2 tersebut akan dimasukkan ke program Sidalih.

“Data yang kita berikan pada rapat sebelumnya kepada Bawaslu dan Parpol adalah data offline, sehingga belum dilakukan pengurangan data ganda,” terangnya.

Kepada para peserta rapat, Ketua KPU memastikan jika data yang akan dipakai pada pemilu tahun 2019 adalah data Sidalih, sehingga penghapusan data ganda harus sesuai rekomendasi atau masukan dari Bawaslu.

Komisioner KPU divisi perencanaan data Fajarman Zalukhu pada kesempatan yang sama mengharapkan masukan dan koordinasi yang baik dari semua pihak agar KPU Kota Gunungsitoli bisa bekerja dengan baik dan maksimal.

Dia menyadari jika dalam melaksanakan tugas KPU mengalami banyak tantangan dan hambatan secara berjenjang dsri tingkat PPS, PPK dan KPU, termasuk masalah jaringan Sidalih, sehingga masukan dari semua pihak menjadi penyempurna. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *