DPRD Nias Utara Sahkan Ingati Nazara–Haogosokhi Sebagai Bupati Terpilih

NIAS UTARA, SANURIA.COM| Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nias Utara mengesahkan pasangan Ingati Nazara–Haogosokhi Hulu sebagai Bupati/Wakil Bupati Nias Utara periode 2016–2021 melalui rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Nias Utara Jalan Lahewa KM 42  Lotu, Senin (22/2/2016).

Demikianlah agenda rapat paripurna terbuka yang dipimpin Ketua DPRD Nias Utara Foanoita Zai yang dihadiri bersama anggota DPRD lainnya.

Dalam pidatonya, Ketua DPRD Nias Utara Foanoita Zai memaparkan bahwa setelah terselenggaranya Pemilukada Kabupaten Nias Utara 9 Desember 2015, dan sesuai hasil rekapitulasi hasil perolehan suara KPUD Kabupaten Nias Utara, menetapkan pasangan No 2 Ingati Nazara–Haogosokhi Hulu unggul dengan suara terbanyak.

Pasangan dengan jargon Ikhlas itu unggul atas pasangan lain, yaitu pasangan No 1 Edwar Zega-Yostinus Hulu (Enoni), dan nomor urut 3, Martinus Zega–Winarso Hulu (Inti).

“Dengan telah selesainya sengketa Pilkada di Mahkamah Konsititusi, maka dalam hal ini DPRD Kabupaten Nias Utara perlu menetapkan pasangan Ingati Nazara- Haogosokhi Hulu sebagai Bupati/Wakil terpilih,” demikian  petikan pidato Ketua DPRD Nias Utara sambil mengetuk palu pengesahan Bupati terpilih.

Usai digelar rapat paripurna, Bupati Nias Utara terpilih Ingati Nazara kepada SANURIA.COM, mengatakan pasca penetapan DPRD sebagai pasangan terpilih, secara otomatis proses politik telah selesai.

 Pasangan Bupati/Wakil Bupati Nias Utara terpilih Ingati Nazara–Haogosokhi Hulu


Pasangan Bupati/Wakil Bupati Nias Utara terpilih Ingati Nazara–Haogosokhi Hulu

“Kemenangan pasangan Ikhlas adalah kemenangan kita semua masyarakat Nias Utara. Sekarang yang menjadi fokus kita bagaimana membangun Nias Utara ke depan yang lebih baik,” ujarnya.

“Semoga amanah dan kepercayaan rakyat yang diberikan kepada kami, dapat kami jalankan sesuai harapan,” tukasnya singkat.

DEMO TOLAK PENGESAHAN

Sementara itu, paripurna penetapan Bupati Nias Utara terpilih diwarnai aksi unjukrasa. Sejumlah massa yang protes itu diduga berasal dari salah satu pasangan bupati yang kalah.

Mereka mendesak DPRD Nias Utara membatalkan paripurna penetapan Bupati terpilih. Alasannya, karena bupati Ingati Nazara masih memikili sangkut paut utang piutang.

“Terkait Surat Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli Khamozaro Waruwu yang telah mencabut Surat Keterangan tidak mempunyai hutang tertanggung yang merugikan negara terhadap Ingati Nazara. Surat Ketua Pengadilan tersebut dapat membatalkan Ingati menjadi Bupati terpilih,” ujar beberapa koordinator aksi saat diterima DPRD Kabupaten Nias utara.

Usai disampaikan oleh perwakilan masa pendemo, beberapa anggota DPRD Kabupaten Nias Utara menjelaskan bahwa DPRD tidak mempunyai kewenangan untuk dapat membatalkan Bupati terpilih.

“Mohon maaf tuntutan itu tidak dapat kami tindaklanjuti,” ujar salah satu anggota DPRD Amizaro Waruwu, sambil pendemo membubarkan diri. [SN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *