Bupati Nias Ajak Bergandeng Tangan Sukseskan Pilgubsu

NIAS, SANURIA.COM— Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM mengajak semua para pihak yang terlibat untuk bergandengan tangan mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2018.

Dia juga mengimbau aktor politik atau elite politik untuk membangun kekuatan politiknya dengan cara yang santun, etis dan tidak menciderai hak hak orang lain.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Nias pada deklarasi tolak dan lawan politik uang dan politisasi sara yang digelar di halaman komplek perkantoran pemerintah Kabupaten Nias, Desa Hiliweto, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Rabu (14/2/2018).

Tidak lupa dia meminta agar pelaksanaan Pilgubsu dilaksanakan dan dikawal, supaya melahirkan pemimpin yang amanah dan mampu memperjuangkan kesejahteraan masyarakat sumatera utara.

“Komitmen bersama merupakan kunci bagi semua menciptakan tahapan pilkada tahun 2018 yang bebas dari pengaruh politik transaksional dan penggunaan sara dalam kampanye,” ucap Bupati Nias.

Semua pihak diminta untuk membangun komitmen dalam memberantas jual beli suara dan ujaran kebencian.

Para calon dan elite politik juga diminta untuk dapat meminimalisir konflik pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, dan tidak menjadikan pilkada sebagai ajang mempertontonkan kemahiran berfitnah dan menjelek jelekkan orang lain.

Kapolres Nias yang diwakili Kapolsek Gido Iptu Meiman Khamzar Gea di tempat yang sama mengingatkan semua pelaksana pilkada sportif dan menolak politik uang serta tidak melakukan kampanye hitam.

Menurut dia, praktek kecurangan seperti politik uang atau politik transaksional dan kampanye hitam pada pilkada hanya akan membuat pesta demokrasi menyisakan sistim demokrasi yang sifatnya normatif atau prosedural belaka. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *