Bangunan RSU Gunungsitoli Dikembangkan Tahun Ini

NIAS, SANURIA.COM — Bangunan Rumah Sakit Umum Gunungsitoli milik Pemerintah Kabupaten Nias dikembangkan tahun ini. Dana pengembangan bangunan RSU Gunungsitoli berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebesar Rp 42,269 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Direktur RSU Gunungsitoli dr Julianus Dawolo ketika ditemui di ruang kerjanya, di RSU Gunungsitoli, Jalan Ciptomangunkusumo, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Kamis (5/1/2016).

“Tahun ini kita akan melakukan pengembangan bangunan RSU Gunungsitoli. Pengembangan kita lakukan untuk menambah ruang perawatan. Saat ini kita masih kekurangan ruang perawatan, sehingga pasien ada yang kita tempatkan dilorong atau bangsal Rumah Sakit,” jelas Julianus.

Menurut Julianus, saat ini RSU Gunungsitoli hanya memiliki sebanyak 218 unit tempat tidur pasien. Dengan dilakukannya pengembangan bangunan pada tahun ini, tempat tidur untuk pasien bisa bertambah sebanyak 140 unit.

Butuh Dukungan Pemko Gunungsitoli
Kepada media, direktur RSU Gunungsitoli memberitahu, sesuai perencanaan awal, proses tender akan digelar Januari 2017. Pekerjaan pembangunan dipastikan akan dimulai pada bulan Februari atau maret 2017.

Sebelum pelaksanaan tender, otoritas RSU Gunungsitoli sedang melakukan penyempurnaan adminitrasi dengan mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Sehingga, untuk pengembangan RSU Gunungsitoli, otoritas RSU Gunungsitoli sangat membutuhkan dukungan Pemerintah kota Gunungsitoli dalam menerbitkan IMB.

“Karena RSU Gunungsitoli berdiri di wilayah Pemerintahan Kota Gunungsitoli, maka kita sangat membutuhkan dukungan dari Pemko Gunungsitoli. Dukungan yang kita butuhkan adalah penerbitan IMB,” erang dr Julianus Dawolo.

Dari penjelasan direktur RSU Gunungsitoli, diketahui jika untuk memenuhi biaya operasional tahun 2016, RSU Gunungsitoli masih minus Rp 6 miliar. Mengantisipasi kekurangan tersebut, RSU Gunungsitoli melakukan penghematan dan pemotongan anggaran di beberapa item pengeluaran.

Tahun 2016, pendapatan RSU Gunungsitoli Rp 45 miliar atau lebih besar dari target sebesar Rp 43 milliar. Dana Alokasi Umum (DAU) yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten Nias untuk membantu RSU Gunungsitoli tahun 2016 sebesar Rp 12 milliar.

“Saat ini, kita sudah bisa membiayai sendiri pengeluaran RSU Gunungsitoli dari pendapatan RSU Gunungsitoli hingga 75 % – 80 %. Tahun 2017, target pendapatan RSU Gunungsitoli naik menjadi Rp 48 miliar, dan DAU dari Pemkab Nias sebesar Rp 12,5 miliar,” papar Direktur RSU Gunungsitoli. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *