63 Kepala Desa Dilantik pada Pembukaan Pesta Ya’ahowu

GUNUNGSITOLI, SANURIA.COM — Sebanyak 63 dari 64 kepala desa terpilih di lima Kecamatan di  Kota Gunungsitoli dilantik bersamaan dengan pembukaan Pesta Ya’ahowu Kota Gunungsitoli tahun 2016.

Ke 63 Kepala Desa terpilih pada Pemilihan Kepala Desa serentak bulan Oktober yang lalu, dilantik langsung oleh Wali Kota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua di Taman Ya’ahowu, Jalan Lagundri, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Kamis (24/11/2016).

Kepada ke 63 Kepala Desa yang baru dilantik, Wali Kota Gunungsitoli yakin dan percaya bisa dan benar benar mampu untuk melaksanakan tugas sebagai kepala desa dengan sebaik baiknya.

Ketua panitia Oimonaha Waruwu sebelumnya juga dalam laporannya memberitahu, kegiatan yang digelar adalah pelantikan Kepala Desa terpilih dan apel kebangsaan lintas komponen.

BACA JUGA
Atraksi Etnis Batak dan Minang Meriahkan Pembukaan Pesta Ya’ahowu

Bersamaan dengan itu, juga digelar acara pembukaan Pesta Ya’ahowu Kota Gunungsitoli tahun 2016, sekaligus rangkaian kegiatan pelaksanaan Pesta Ya’ahowu Kepulauan Nias tahun 2016.

64 Desa Menggelar Pilkades
Disinggung terkait kurangnya jumlah Kepala Desa yang dilantik, Kepala BPM Kota Gunungsitoli Arham Dusky melalui telepon seluler mengakui jika pada jadwal sebelumnya ada 65 desa yang ikut Pilkades serentak.

Namun, akibat sesuatu hal, salah satu desa, yakni Desa Idanotae di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi tidak jadi menggelar Pilkades. Sehingga yang menggelar Pilkades pada Oktober lalu hanya sebanyak 64 desa.

“Dari 64 Kepala Desa terpilih, Kepala Desa Fadoro Hilimbowo telah meninggal dunia akibat kecelakaan beberapa hari yang lalu. Maka yang dilantik Wali Kota hanya sebanyak 63 Kepala Desa. Untuk Desa Fadoro Hilimbowo dan Idanotae, kita akan jadwal ulang pemilihan kepala desanya, atau kita ikut sertakan pada pemilihan Kepala Desa serentak kedepan,” terang Arham Dusky. [IH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *