1.597 Guru Bantu Nisut akan “Dongkrak” Mutu Pendidikan

Bedali Lase SPDk, Ketua Komisi B DPRD Nias Utara

Bedali Lase SPDk, Ketua Komisi B DPRD Nias Utara

SANURIA.COM, NIAS UTARA – Ketua Komisi B DPRD Nias Utara (Nisut) Bedali Lase SPDk menilai,  perekrutan Guru Bantu Daerah (GBD) di jajaran Pemkab Nias Utara (Nisut) yang kini telah ditempatkan, dipandang positif untuk meningkatkan kwalitas pendidikan yang selama ini masih memprihatinkan jika disejajarkan dengan daerah lain di Sumut.

Menurutnya, setelah direkrutnya GBD SD, SMP dan SMA 1.597 orang, kini sekolah sekolah di Nisut lebih bergairah. Seorang guru yang dulunya mengampu beberapa ruangan kelas kini secara bertahap telah berkonsentrasi pada ruangan tertentu.

“Guru-guru juga kini telah ditempatkan secara merata ke dusun dusun terjauh, semoga ke depan program ini berkelanjutan dan benar benar mencukupkan guru di kabupaten belia ini,” harap Bedali Lase.

Bedali Lase bilang, sesuai dengan tujuan pekrutan, untuk menciptakan pendidikan berkwalitas dan berdaya saing, maka program bupati M Ingati Nazara ini dikatakan positif menyeimbangkan jumlah anak didik dan tenaga pendidik.

“Persoalan sebelumnya, jumlah tenaga pendidik jalah jauh dibanding anak didik,” katanya.

Namun ke depan dikatakan, Pemkab Nisut harus melakukan pengawasan terhadap guru yang direkrut. Memberikan pembekalan secara berkala dalam peningkaran kwalitas sehingga menyamai mutu guru guru di daerah lain yang lebih maju.

Mengingat kemajuan zaman dan persaingan yang semakin kompetitif saat ini, guru juga diharapkannya memiliki inovasi, melakukan pembelajaran dengan hal hal baru sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban.

Ke depan dimintanya semua pihak mendukung gagasan pemerintah dalam memajukan pendidikan, termasuk penyediaan guru yang cukup, sehingga kelak sekolah menghasilkan lulusan yang dapat bersaing pada tingkat pendidikan tinggi serta dunia kerja. [rhg]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *